“Smile 2” Jika Ada Iblis Di Dalam Kepalamu


 Jakarta, DJC – Maraknya film horor yang beredar, membuat para sineas berlomba menawarkan kisah mencekam yang berbeda dalam produksi filmnya. Salah satunya film “Smile” (2022) yang menghadirkan kisah seram yang inovatif dan ternyata mendapat respon positif. Menyusul sukses film ini, membuat sang sutradara sekaligus penulis naskah di film ini, Parker Finn akhirnya merilis sekuel film ini. “Smile 2” diproduki dibawah Paramount Pictures, yang pengambilan gambarnya dilakukan di wilayah New York pada awal tahun ini. Film ini menampilkan bintang seperti Naomi Scott, Rosemarie DeWitt, Lukas Gage, Miles Gutierrez-Riley, Peter Jacobson, Raúl Castillo, Dylan Gelula, dan Ray Nicholson, serta Kyle Gallner yang mengulangi perannya dari film pertama. Sebuah film bergenre psychological supernatural horror ini, menghadirkan hal mencekam dari sebuah senyuman (seringai).

            Berkisah, Skye Riley (Naomi Scott) seorang penyanyi ternama akhirnya comeback, setelah sebelumnya terpuruk karena terjerat drugs dan alkohol, yang membuat karirnya berantakan. Setelah rehabilitasi dan dinyatakan siap kembali ke panggung, seorang promotor sudah mempersiapkan tur untuk mendukung karirnya tersebut. Tapi rasa sakit di punggung akibat kecelakaan masa lalu masih belum benar-benar hilang. Karena tak bisa menahan rasa sakit, secara diam-diam Skye mengunjungi Lewis (Lukas Gage) teman sekolahnya yang seorang junkies, untuk meminta obat penenang. Hal ini dilakukan karena esok harinya Skye akan memulai tur. Tapi ada kejadian tak terduga di apartemen Lewis. Saat mengkonsumsi drugs berlebihan, Lewis berhalusinasi dan akhirnya melakukan bunuh diri dihadapan Skye. Takut terlibat, Skye langsung meninggalkan apartemen tersebut.

            Kematian Lewis yang dilihatnya secara langsung membayangi pikirannya. Skye bahkan sering berhalusinasi ada orang jahat yang selalu mengancamnya. Hal ini membuat Skye agresif tak terekendali hingga melukai orang. Skye juga merasa Joshua (Miles Gutierrez-Riley), asisten pribadinya berusaha mengacaukan hidupnya. Bahkan sosok ibunya (Rosemarie DeWitt) yang sekaligus menjadi managernya dirasa terlalu memaksa dan megancam ketenangannya. Skye merasa tidak bisa membedakan antara yang nyata dan halusinasi yang dialaminya. Bahkan ada moment saat Skye tanpa sadar membunuh ibunya secara sadis. Tur yang sudah direncanakan menjadi berantakan. Sampai muncul sosok Moris (Peter Jacobson) dan mengatakan bahwa yang merasuki pikirannya selama ini adalah sosok iblis (supranatural) yang berusaha menguasai tubuhnya. Sosok supranatural ini nantinya akan membuat Skye melakukan bunuh diri dihadapan banyak orang seperti dilakukan Lewis.

            Bagi yang belum menyaksikan film “Smile” (2022), pasti tak mudah untuk memahami alur cerita di film ini. Bisa jadi baru sadar alur ceritanya saat film ini berakhir. Ini salah satu kelebhan dari sang sutradara, yang menampilkan penggalan-penggalan kisah yang terasa tidak saling berhubungan. Banyaknya plot twist justru membuat kisah di film ini sulit tertebak arahnya. Walaupun kalau di cermati secara detail, semua potongan kisah ini sebenarnya sedikit banyak saling berkaitan. Sang sutradara tidak membuat semuanya menjadi mudah, termasuk bagi karakter tokoh Skye Riley itu sendiri. Dari potongan kisah yang membingungkan ini, Parker Finn malah sukses membangun nuansa yang mencekam.

            Tidak hanya alur kisah yang berhasil hadirkan banyak ketegangan, tapi banyaknya darah dari peoses pembunuhan / bunuh diri yang terkesan brutal dan kejam. Horor psikologi yang muncul dengan kuat, beradu dengan beberapa adegan yang mencengankan hingga kisah yang membuat penonton tidak bisa bersantai saat menyaksikan film ini. “Smile 2” berhasil membawa nuansa ngeri di level yang berbeda. Sebuah senyuman yang biasanya terasa hangat, disini justru hadir menjadi sebuah seringai yang mengancam dan menakutkan. Apalagi film ini memiliki cinematography yang mumpuni, untuk mendukung nuansa horor psikologis di film ini. Tontonan wajib bagi penyuka film horor, yang bosan dengan banyak kisah hantu yang terkesan mononton. (sTr)

 


 “Smile 2”

Jenis Film        : Horor supernatural psikologis

Produser          : Marty Bowen, Wyck Godfrey, Isaac Klausner, Parker Finn, Robert Salerno

Sutradara         : Parker Finn

Penulis             : Parker Finn

Produksi          : Temple Hill Entertainment

Casts               :  Naomi Scott, Rosemarie DeWitt, Lukas Gage, Miles Gutierrez-Riley, Peter Jacobson, Raúl Castillo, Dylan Gelula, Ray Nicholson, Kyle Gallner

Durasi              : 127 menit

STTL               : Dewasa 17 Tahun Keatas

Distribusi         : Paramount Pictures

Jadwal tayang : 16 Oktober 2024

 

Diberdayakan oleh Blogger.