“1 Million Followers” Sosial Media Membawa Petaka


 Jakarta, DJC – Maraknya penggunaan sosial media (sosmed), memang menarik untuk diperbincankan. Dimana fenomena penggunaan sosmed ini ternyata bisa menjadi lahan bisnis yang baru. Kisah inipun akhirnya diangkat dalam sebuah produksi film, yang bertajuk “1 Million Followers” arahan sutradara Harvey Lowry, dengan naskah yang ditulis oleh Paul Kim, Marius D'Gasco. Sebuah kisah yang bercerita bahwa banyaknya followers di sosmed ternyata bisa berujung menjadi sebuah petaka. Dibintangi banyak muka baru, seperti Shelley Q., Evan Williams, Henry Ian Cusick, Jade Ma, Ryan Jamaal Swain, Constanza Palavecino, Skye Ladell hingga Zoe Marlett.

            Berkisah, Karissa (Shelley Q.) adalah seorang gadis kampung yang tinggal di sebuah peternakan kecil. Karissa termasuk giat mengunggah foto kesehariannya, terutama dengan kuda kesayangannya di sosmed, walaupun pengikutnya masih ribuan. Untuk menambah pengikut di sosmed-nya, adik Karissa menyuruh sang kakak untuk mengikuti sosmed Jack (Evan Williams) salah satu influencer terkenal dengan jutaan followers. Ternyata hal ini berhasil, sosmed Karissa di respon oleh Jack. Tak hanya itu, Karissa di undang oleh pihak managemen Jack untuk berkolaborasi ke Thailand, dan bergabung dengan puluhan influencer lainnya. Kolaborasi ini bertujuan untuk bisa mencapai 1 juta followers di sosmed masing-masing sekaligus berusaha mendapatkan sponsor. Karissa yang tidak pernah keluar dari kampungnya, awalnya merasa ragu. Tapi karena keluarganya sedang membutuhkan uang untuk mempertahankan peternakan mereka, akhirnya Karissa menyanggupi kolaborasi tersebut.

            Ini perjalan luar negeri pertama yang dilakukan Karissa. Tentunya hal yang menyenangkan, apalagi bisa bertemu Jack secara langsung, dan berkenalan dengan banyak influencer lainnya seperti Myami (Ryan Jamaal Swain), Kimmy (Constanza Palavecino) model pekaian renang yang sexy, dan banyak lagi. Ternyata kolaborasi yang ditemuinya diluar perkiraan Karissa, karena pekerjaan yang dijalaninya tidak mudah. Karissa tak hanya harus berusaha keras manaikan pengikut hingga 1 juta, tapi juga harus terus berpesta untuk menggambil hati sponsor. Hal yang tidak pernah dilakukan oleh gadis kampung sepertinya. Tidak hanya itu, dibalik itu semua ternyata ada kejahatan perdagangan manusia, yang melibatkan sponsor utama bernama Daniel (Henry Ian Cusick) dan juga orang dalam. Sebuah jebakan yang tentunya mengancam kehidupan para inluencer yang di undang tersebut.

            Kisah di film bergenre thriller ini sangatlah menarik. Menyoroti fenomena penggunana sosmed yang berusaha keras menaikkan follower-nya. Dikemas dengan balutan drama keluarga, percintaan dan akhirnya berujung kemufakatan jahat yang tentu sangat membahayakan. Alur cerita digiring dengan perlahan, dan akhirnya mengejutkan dengan kisah yang menakutkan. Memulai kehidupan pengguna sosmed yang sepertinya menyenangkan dengan banyak fasilitas dan pesta, tapi justru menjadi tegang ketiga mendekati akhir film. Penonton akan tidak sadar pada awalnya, jika film “1 Million Followers” ini merupakan film thriller yang menegangkan.

Materi cerita yang kuat dan inovatif dengan latar belakang kehidupan yang cukup relate dengan kondisi saat ini. Sang sutradara mengemasnya dengan baik, dan menjadi lebih menarik saat mengambil latar belakang eksotisme wilayah Thailand. Apalagi dengan teknik pengambilan gambar yang didominasi jarak dekat, menambah kesan dramastis di film ini. Walaupun banyak nama baru yang berperan di film ini, justru “1 Million Followers” berhasil menghadirkan ketegangan baru dengan kisah yang sedikit beda. Pemeran utama yang merupakan muka baru Shelley Q. sepertinya memiliki masa depan karir yang cukup menjanjikan. (sTr)

 

“1 Million Followers”

Jenis Film        : Thriller

Produser          : Kelli Kaye, Rachel Morgan

Sutradara         : Harvey Lowry

Penulis             : Paul Kim, Marius D'Gasco

Produksi          : Voltage Pictures

Casts               : Shelley Q., Evan Williams, Henry Ian Cusick, Jade Ma, Ryan Jamaal Swain, Skye Ladell, Zoe Marlett, Constanza Palavecino

STLS               : 17 tahun

Durasi              : 1 Jam 41 Menit

 

Diberdayakan oleh Blogger.