“Seni Memahami Kekasih” Kisah Kocak Cinta Yang Sederhana


Jakarta, DJC – Beberapa waktu terakhir film dengan muatan lokal semakin banyak diproduksi. Faktanya beberapa film yang menggunakan bahasa daerah, terhitung cukup dimaniti. IDN Pictures juga merilis film sejenis berjudul “Seni Memahami Kekasih”, sebuah film yang menggunakan dialog berbahasa Jawa, dengan nuansa ke-arifan lokal Jawa Tengah. Film bergenre Drama Komedi ini arahan sutradara Jiehan Angga, yang diproduseri langsung oleh Susanti Dewi, Head of IDN Pictures. Kisah kocak di film ini diadaptasi dari buku pouler “Sebuah Seni Untuk Memahami Kekasih” karya Agus ‘Magelangan’ Mulyadi, dimana buku ini berkisah tentang perjalanan cinta sang penulis sendiri dengan istrinya Kalis Mardiasih. Agus sendiri memang dikenal sebagai penulis komedi yang memotret fenomena sosial / viral disekitarnya.

            Susanti Dewi sebagai produser megungkapkan antusiasnya dengan produksi film ini, walau mengaku awalnya sempat ragu. “Akhirnya saya sangat yakin dengan film ini, karena cukup relate dengan kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar. Saya juga sangat yakin, kisah cinta yang sederhana ini bisa menyentuh hati banyak orang.” Ungkapnya pada awak media, saat menggelar Press Screening di XXl Epicentrum, Kuningan Jakarta (02/09/24).

            Berkisah Kalis (Febby Rastanty) memiliki 3 sahabat dekat sejak seolah, akan tetapi Kalis adalah satu-satunya orang yang bisa duduk dibangku kuliah, karena 3 sahabatnya tersebut sudah menikah duluan. Di bangku kuliah, Kalis berkesempatan mengejar mimpinya untuk menjadi penulis, apalagi karir menulisnya memang sudah dimulai sejak bersekolah dahulu. Di sebuah moment, Kalis akhirnya bertemu dengan editor tulisannya selama ini, Agus (Elang El Gibran). Walaupun awalnya terkesan berlebihan, Kalis akhirnya sadar jika Agus ini sosok yang baik hati yang bisa menyentuh hatinya.

            Hubungan mereka akhirnya semakin serius, akan tetapi kisah pilu salah satu sahabatnya bernama Rahayu (Fransisca Saraswati) yang gagal dipernikahan karena kasus KDRT membayanginya. Apalagi Rahayu selalu menceritakan buruknya hubungan asmara masa lalunya. Hal ini menimbulkan keraguan atas kedekatannya dengan Agus. Disisi lain Agus merasa tidak bisa memberikan apa yang pernah menjadi mimpi-mimpi Kalis lewat kode-kode yang diberikan kekasihnya tersebut. Untung ada Yana (Devina Aureel) sahabat Kalis yang terus memberikan semangat. Antara gengsi dan ragu pada diri Agus dan Kalis, tak membuat mulus perjalanan kisah kasih mereka.

            Memotret kisah cinta dari masyarakat sederhana, yang banyak ditemui selama ini. Walaupun dialog menggunakan bahasa Jawa (seperti setting cerita film ini di wilayah Solo dan Jogja) kisah lucu dan berbagai adegan drama romantis yang ditampilkan sangat universal. Tak perlu mengerti bahasa Jawa untuk terbahak di film ini, sang sutradara mampu menghadirkan kelucuan hingga drama percintaan menyentuh dari berbagai adegan yang di tampilkan. Semakin maksimal jika memahami dialog-dialognya (disediakan subtitle berbahasa Indonesia). Jeihan Angga cukup memahami hal ini, dimana sang sutradara cukup berhasil memutar balikkan emosi penonton, dari kelucuan hingga nuansa sedih dari kisah cinta yang dihadirkan. Apalagi kisah cinta anak kos-kosan yang hidup dengan ekonomi terbatas di film ini memang sangat relate dengan banyak masyarakat di tanah air.

            Untuk urusan akting berbahasa Jawa, nama Elang El Gibran sudah tidak diragukan lagi. Tapi kali ini, aktor kelahiran Jogja ini tampil cukup apik sebagai pemeran utama di film ini. Dan yang lebih menarik adalah akting Febby Rastanty, yang bisa memerankan sosok Kalis yang sederhana, galak dan juga gampang galau. Dan tentunya fasih menggunakan logat bahasa Jawa yang cukup medok. Febby Rastanty mampu keluar dari karakter yang pernah dibitangi sebelumnya. Sosok musisi Fiersa Besari sebagai cameo di film ini, sukses menyegarkan suasana dan cerita. (sTr)

 

 

“Seni Memahami Kekasih”

Jenis Film        : Drama Komedi

Produser          : Susanti Dewi

Sutradara         : Jeihan Angga

Penulis             : Agus Mulyadi, Bagus Bramanti, Rizal Hanun

Produksi          : IDN Pictures

Casts               : Febby Rastanty, Elang El Gibran, Devina Aureel, Fransisca Saraswati

STLS               : Semua Umur

Durasi              : 1 Jam 31 Menit

Jadwal Tayang: 05 September 2024

 

 

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.