Sempat Tertunda, Akhirnya Rayni N. Massardi Merilis Novel “Sinar, Cinta Luar Biasa Orang Biasa”


Jakarta, DJC – Sebuah karya sastra idenya bisa hadir dari mana saja. Bahkan bisa muncul dari sebuah kolaborasi. Hal inilah yang terjadi saat Rayni N. Massardi merilis novel secara independent berjudul, “Sinar, Cinta Luar Biasa Orang Biasa”. Novel ini merupakan hasil kolaborasinya dengan Christyan AS, seorang seniman yang menambahkan karya gambarnya untuk memperkuat cerita di novel ini. Bukan hal yang pertama, kolaborasi keduanya sudah menghasilkan beberapa karya sebelumnya, diantaranya cerpen grafis “Daun Itu Mati” (2017), novel “Rainbow Cake” (2019) dan kumpulan aksara dan sketsa berjudul “Darah” (2023). Yang menarik, keduanya tinggal di kota yang berbeda, tapi justru bisa berkolaborasi dengan baik.

            Ide cerita di novel terbaru ini justru muncul dari Christyan AS, yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk cerita oleh sang penulis. Kolaborasi lanjutan ini berawal dari obrolan via chat Christyan AS yang ingin mengajak Rayni N. Massardi kembali bekerjasama pada Februari 2022 lalu. Rayni M Masardi, mengaku tak langsung menyanggupi ajakan tersebut, mengingat berbagai kesibukannya yang termasuk padat.

            “Tapi, secara tidak disengaja ide dari Christyan ini malah menggiring imajinasi saya. Dan langsung muncul nama ‘Sinar’ dan ‘Buminata’ yang akhirnya menjadi tokoh utama di novel ini. Kedua nama ini seperti menggiring ke sebuah kisah, yang akhirnya melahirkan novel ini.” Ungkap Rayni N. Massardi, saat menggelar diskusi novel “Sinar, Cinta Luar Biasa Orang Biasa”, di kawasan TIM, Jakarta (0709/24).

            Novel “Sinar, Cinta Luar Biasa Orang Biasa”, berkisah tentang perjalanan cinta yang penuh problematika dari sosok Sinar Sumakir. Gadis lulusan S2 berusia 24 tahun dan masih belum punya pacar. Tinggal bersama sang ayah yang memiliki bengkel, Sinar bekerja sebagai penjaga toilet mall dan kerja paruh waktu di perpustakaan. Sampai akhirnya Sinar bertemu dengan sosok Buminata, seorang duda tanpa anak yang berhasil merebut hatinya. Tidak mudah untuk bisa menjalani hubungan dengan Buminta yang terkesan misterius. Berbagai masalah hingga pengorbanan dari Sinar untuk bisa mempertahankan rasa, ternyata tidak membuat jalinan asmaranya berjalan dengan lancar.

            Selain menawarkan banyak konfik yang mengejutkan, dengan kisah yang cenderung to the point, buku ini juga menawarkan kisah asmara yang sangat menggelora. Didukung dengan berbagai gambar apik yang memperkuat kisah di novel ini. (sTr)


 

Diberdayakan oleh Blogger.