“Lembayung” Horror dari Kisah Nyata Dengan Banyak Jumpscrare


 Jakarta, DJC – Kisah yang heboh di sosial media seperti Twiter, ternyata banyak mengilhami sineas untuk menjadikan kisahnya dalam bentuk film. Seperti film “Lembayung” persembahan Prime Eagle Studios dan Tiger Wong Entertainment ini. Film bergenre Horror / Thriller arahan sutradara Baim Wong ini, diangkat dari sebuah utas (thread) horor ‘Jin Poli Gigi’ yang ditulis oleh Pica melalui akun @saturnrushx di media sosial Twitter/X. Thread tersebut sempat populer pada tahun 2022 hingga mendapat ribuan retweet dan likes dari para pembacanya. Akan tetapi, cerita dalam thread tersebut tidak selesai lantaran Pica berhenti menulis karena trauma akan pengalaman mengerikan yang menimpanya. Akhirnya kisah ini di-eksekusi dalam sebuah film bertajuk “Lembayung”, dimana sang penulis kisah juga terlibat dalam penulisan seknario bersama Ruben Adrian, dan Emilka Chaidir.

“Film “Lembayung” ini akan hadir sebagai sajian horor yang fresh mulai dari tampilan luarnya hingga ke dalam cerita. Sehingga bukan hanya mengandalkan sisi horornya saja, namun juga mengangkat sisi yang belum pernah dibahas sebelumnya. Harapannya, film ini dapat menjadi solusi bagi para penonton yang mungkin sedang merasa jenuh dengan tema film-film saat ini,” jelas sutradara Baim Wong kepada awak media, saat menggelar Press Screening, di XXl Epicentrum Kuningan, Jakarta (14/09/24).

            Berkisah Pica (Taskya Namya) dan Arum (Yasamin Jasem) yang sedang PKL (magang) di unit poli gigi bernama Lembayung, yang merupakan klinik kecil di pinggiran Yogyakarta. PKL tidak seperti yang dibayangkan, karena keduanya (terutama Pica) mengalami hal-hal aneh selama magang di tempat tersebut. Pica bahkan mengalami depresi karena berbagai masalah pribadi yang menimpanya, termasuk hal-hal menakutkan yang dialaminya selama PKL. Ditambah muncul Tantri (Anna Jobling) yang selalu membayangi mereka selama di klinik, dimana akhirnya diketahui bahwa sosok Tantri merupakan mantan dokter yang meninggal bunuh diri di klinik tersebut beberapa tahun sebelumnya.

            Suasana di klinik Lembayung semakin terasa mencekam, saat 2 karyawan klinik meninggal secara tidak wajar. Sosok dokter Ringgo (Oka Antara) yang kaku dan tidak banyak bersosilisasi semakin menambah kemisteriusan klinik tersebut. Pemilik klinik terseut, dokter Teto (Arya Saloka) dan perawat senior di klinik ini Ida (Asri Welas), sebenarnya kunci dari misteri yang menyelimuti klinik Lembayung ini, tapi tidak mudah untuk membukanya. Sosok Tantri yang menghantui Pica dan Arum ternyata ingin menuntun keduanya untuk membuka tabir kisah yang sebenarnya terjadi di klinik ini selama bertahun-tahun.

Sebagai debutan menjadi sutradara, Baim Wong cukup sukses menghadirkan nuansa yang menegangkan dan membuat geregetan. “Lembayung” banyak hadirkan jumpcare yang membuat banyak kejutan tak terduga sepanjang film. Bahkan sudah dimulai saat awal-awal film ini berjalan. Akan tetapi banyaknya jumpscare ini justru membuat nuansa ketegangan yang dihadirkan menjadi sedikit bias. Hal ini disebabkan karena perkembangan cerita yang terus berlangsung selama pembuatan film. Sang sutradara mengakui terus mendapatkan ide baru saat produksi yang membuat cerita di “Lembayung” ini terus berkembang. Hingga kisahnya sedikit bergeser dari cerita dasar yang dibuat sebelumnya. Dari karakter horror akhirnya berakhir dengan kisah thriller yang sadis.

Akan tetapi film ini cukup menarik dengan jajaran cast yang luar biasa. Dimana Arya Saloka bisa sukses tampil sebagai sosok antagonis dan kejam, Oka Antara yang misterius dan yang menarik sosok Anna Jobling bisa tampil maksimal sebagai hantu yang menakutkan. Kabarnya film ini merupakan debutannya di layar lebar (terutama memerankan sosok hantu) dari karir aktris asal Malaysia ini. Dan tentunya peran Taskya Namya dan Yasamin Jasem yang memang sering bermain di film bergenre Horror.

Kisah yang viral melalui sosial media memang tidak mudah diterjemahkan dalam sebuah film. Tentunya ada beberapa penyesuaian dan perkembangan. Jika ceritanya agak melenceng dari kisah asli, itu sebuah konsekwensi logis. Tapi jika berhasil menampilkan kisah yang lebih tegang dan mencekam, malah menjadi nilai lebih. Debutan Baim wong sebagai sutradara, berusaha mengadirkan hal tersebut. Film ini hadir dengan ending yang menggantung. Kabarnya akan dibuat sequel untuk kelanjutan dari kisah ini. (sTr)

 

 

“Lembayung”

Genre Film                  : Horror,Thriller

Produser                      : Emilka Chaidir

Sutradara                     : Baim Wong

Penulis                         : Ruben Adrian, Emilka Chaidir, El Shinta Pica

Casts                            : Taskya Namya, Yasamin Jasem, Arya Saloka, Oka Antara, Anna Jobling, Erick Estrada, Asri Welas, Daffa Wardhana, Ence Bagus, Wulan Guritno, Tio Pakusadewo, Sari Nila, Mario Maulana, Dayu Wijanto

STLS                           : 17 Tahun

Durasi                          : 2 Jam 3 Menit

PH                               : Prime Eagle Studios, Tiger Wong Entertainment

Jadwal Tayang            : 19 September 2024

 

Diberdayakan oleh Blogger.