Kolaborasi Franki Indrasmoro dan The Fly Di “Candu Duniawi”

Franki Indrasmoro dan The Fly (istimewa)

 Jakarat, DJC – Selepas dari NAIF, Franki Indrasmoro atau yang biasa dipanggil Pepeng tetap bermusik dan memilih untuk solo karir. Drummer yang sekarang lebih memilih nama aslinya untuk jalur solo ini memberi kejutan baru, saat merilis single terbarunya yang bertajuk “Candu Duniawi”. Tidak hanya tampil sendiri, karena Franki Indrasmoro mengajak kolaborasi band The Fly yang berawak Levi Santoso dan Kin Aulia. Lagu “Candu Duniawi” adalah lagu yang ditulis oleh Franki pada tahun 1993, ketika itu ia masih duduk di bangku SMA. Lagu ini sempat direkam oleh bandnya terdahulu, NAIF, akan tetapi belum sempat dirilis. Sekarang, “Candu Duniawi” mendapat sentuhan berbeda saat dikolaborasikan dengan The Fly, yang mengikuti gaya permainan band ini.

Mengenai lagu ini Franki mengungkapkan, “Awalnya lagu ini berjudul dan berlirik bahasa Inggris, kemudian di tahun 2004 saat gue kasih lagu ini untuk NAIF, tema lagu dan liriknya gue ubah dan bahasanya pun diubah menjadi Bahasa Indonesia, dengan judul Candu Duniawi. Saat bertemu dengan The Fly awalnya aku mau kasih lagu ini buat mereka, karena secara notasi vokalnya memang pas untuk dinyanyikan oleh Kin. Tapi pada perkembangan lebih lanjut, akhirnya kami bersepakat menjadikan lagu ini sebagai single kami bersama.”

Sedangkan menurut Kin, momen Pepeng datang ke studio mereka memang sangat tepat, yang akhirnya membuat kolaborasi ini bisa terjadi. “Pas banget gue dan Levi lagi pilih-pilih lagu mana yang bakal kita garap berikutnya, eh, kebetulan Pepeng datang menawarkan lagunya untuk kami bawakan.”

Tentu saja lagu ini mendapat penyesuaian dengan aransemen yang lebih pas untuk kolaborasi mereka. Bahkan Franki juga ikut mengisi vocal selain mengisi part drum. Bahkan lagu ini justru hadir dengan karakter yang benar-benar fresh yang menghasilkan energi baru di perjalan karir bermusik keduanya.

“Ketika gue kasih lagu ini ke Levi dan Kin, gue bebaskan mereka untuk bongkar lagunya, disesuaikan dengan gaya bermusik The Fly. Dan semesta mendukung! Karena, Kin ternyata punya stok lagu yang sudah full aransemen untuk The Fly tapi tanpa vokal, karena ia masih belum dapat nada dan lirik yang pas. Dan begitu Kin dengerin demo lagu Candu Duniawi untuk pertama kalinya, ia langsung bilang, ‘nah, ini pas sama lagu gue yang belum ada vokalnya itu!’… Hasilnya? Gue suka banget! Lebih rock, dan lebih fresh!” Tutup Franki. (sTr)

 

Diberdayakan oleh Blogger.