PERBASI Luncurkan Mars Olah Raga Basket, Dengan Menggandeng Govinda

PERBASI & Govinda

 Jakarta, DJC – Lagu mars, memang terbukti bisa menjadi sebuah penyemangat. Apalagi jika digunakan untuk momen olah raga. Tidak mengherankan jika setiap cabang olah raga selalu memiliki lagu mars tersendiri. Hal inilah yang juga dilakukan oleh pihak PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) yang baru saja meluncurkan lagu mars PERBASI di sebuah café bilangan Kemang Jakarta Selatan (08/08/24). Lagu penyemangat ini dipersembahakan pihak PERBASI, periode 2019 – 2024. Yang menarik PERBASI menggandeng groub band Govinda untuk membuat lagu mars tersebut.

            Menurut Ketua Umum PERBASI, Danny Kosasih saat menggelar jumpa pers sekaligus peluncuran lagu mars tersebut, mengungkapkan bahwa sudah lama PERBASI ingin memiliki mars, seperti beberapa cabang olah raga lainnya. Dan akhirnya hal ini bisa terealisasi saat bertemu dengan Govinda.

Pada awak media yang hadir, Danny Kosasih menambahkan, “Saya cukup bangga, akhirnya ada yang bisa menyumbangkan karyanya untuk olah raga bola basket di Indonesia. Dengan lagu mars ini, harapannya agar para atlet bisa merasakan semangat yang sama. Ini menjadi semacam energi untuk bola basket di tanah air. Dengan adanya mars ini pula, PERBASI bisa menyampaikan semangat kepada para pebasket di seluruh daerah, untuk bisa memacu prestasi lebih baik lagi."

Govinda sendiri merasa dekat dengan basket. Bahkan band berawak; Ifan (vocal). Ade (gitar), Luki (bass) dan Jeje (drum) ini, mengaku masih menyempatkan diri bermain basket, disela kesibukan mereka. “Kami juga dekat dengan para pengurus PERBASI. Dan kami termasuk cukup sering main basket di klub mereka.” Tambah Ifan.

Sedangkan menurut sang penulis lagu, Ade Nurulianto, proses pembuatan mars ini terhitung cepat. Yang memakan waktu sekitar 1 minggu saja. “Secara keseluruhan, kami tidak menemukan banyak kendala saat saat proses pembuatan lagu. Tapi tentu saja membuat lagu mars dengan lagu pop kebanyakan, beda jauh. Selain kita harus tahu materi lirik apa yang harus dituliskan, kita juga harus bisa memberi sebuah penyemangat dari lagu tersebut. Untuk itu, saya banyak berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak PERBASI. Tentunya akan menjadi  kebanggan tesendiri kalau lagu mars ini selalu diputar di setiap event olahraga, khsusunya ajang olah raga bola basket..” ungkap Ade Govinda menjelaskan.

Lagu mars PERBASI ini juga bisa menjadi legacy untuk bola basket di tanah air. Mars ini juga, akan selalu diputar atau diperdengarkan saat digelarnya event olah raga bola basket, atau event-event PERBASI lainnya. "Mars ini menjadi penting sebagai bentuk menyampaikan semangat melalui sebuah karya yakni lagu. Terima kasih kepada Ade Govinda telah menciptakan karya ini," tutup Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi (sTr)

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.