The Chasmala, Hadirkan Banyak Rasa Di Debut “Persona”

The Chasmala (istimewa)

 Jakrta, DJC – Band baru tapi bukan muka baru di industri musik nasional. Ya, band Bernama The Chasmala ini diawaki oleh Irfan Chasmala (Keyboard), Peter Anroputra (Vokal), dan Denny Chasmala atau Denchas (Gitar). Dimana para personil ini memang suda cukup dikenal di panggung musik tanah air. Berawal ingin merilis dan memperkenalkan lagu-lagu karya kakak beradik Irfan dan Denny Chasmala, akhirnya menemukan sang vokalis yang kemudian bersepakat membentuk sebuah band. Trio ini-pun bergerak cepat, dan langsung saja melepas debut album bertajuk “Persona” dibawah label MyMusic Records.

            Yang menarik, karena diciptakan dalam waktu berbeda, justru 7 track yang terdapat dalam album ini menghadirkan banyak rasa. Dengan menampilkan berbagai karakter musik, tapi malah bisa di terjemahkan dengan baik oleh sang vokalis. Menurut Irfan, lagu-lagu di album ini awalnya di ciptakan untuk dibawakan oleh beberapa penyanyi. Dan berkembang hingga bisa dibawakan oleh satu vokalis saja, dengan format band untuk bisa mengakomodasikan karya-karya yang sudah dibuat tersebut. Dan jadilah The Chasmala,  dimana nama band ini justru muncul dari usulan sang vokalis, Peter.

            “Awalnya kita menulis lagu, ya menulis aja. Tanpa dipertimbangkan nantinya akan di bawakan dalam format band. Bahkan kita menciptakan lagu sendiri-sendiri dalam waktu yang tidak bersamaan. Itu sebabnya kenapa lagu-lagu di album ini memiliki banyak karakter yang bisa jadi berbeda satu dengan lainnya. Tapi pas Peter bergabung dan menyanyikannya, justru disinilah benang merah dari lagu-lagu tersebut bisa terbentuk. Dan akhirnya bisa menjadi format band seperti sekarang.” Ungkap Irfan kepada Djakartaconnection, menjelaskan.

            Sedangkan menurut Denchas, pilihan title “Persona” untuk debut album mereka bukan tanpa alasan, tapi justru mewakili image band The Chasmala itu sendiri. Lebih jauh Denchas menambahkan, "Judul album Persona sengaja diambil, karena The Chasmala ingin menunjukkan kepribadian masing-masing personel yang dijadikan satu. Dengan karakter dan pengalaman yang berbeda-beda tapi dalam hal bermusik bisa melebur jadi satu,"

            Di album “Persona’ ini tidak semuanya berisi lagu baru. karena ada lagu fenomenal karya Denchas yang berjudul “Berharap Tak Berpisah” (di populerkan oleh Reza) yang mereka daur ulang. Tentu saja dengan aransemen yang jauh berbeda, dengan balutan nuansa musik country, jazz hingga rock yang enerjik. Focus track di debut album ini adalah lagu bertajuk “Ikrar”, sebuah lagu bertema cinta yang hadir dengan karakter pop-ballad.

            Pada peluncuran album ini, di sebuah café bilangan Cipete Jakarta Selatan (28/06.24), Ade Govinda selaku produser dari MyMusic Records, mengungkapkan langsung menyambut baik band ini untuk bergabung di labelnya saat menerima demo dari The Chasmala. "Mas Denchas bilang awalnya 'ada proyekan nih, tapi udah ada enam lagu', pas saya dengar memang bagus sekali, pastinya ini album yang keren, isinya orang-orang yang mantap semualah. Akhirnya semakin lengkap saat memasukan lagu Berharap Tak Berpisah yang tentu saja diaransement ulang menjadi tambah keren," Imbuhnya.

            Album ini-pun menjadi langkah awal bagi The Chasmala untuk meniti karir sebagai sebuah band yang layak di perhitungkan. Trio ini (sekaligus dari pihak label) berharap, album “Persona” ini bisa diteriam dengan baik oleh penikmat musik di tanah air. (sTr)

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.