“The Bikeriders” Kisah Kerasnya Kehidupan Geng Motor


Jakarta, DJC – Bisa jadi, film yang berkisah tentang geng motor termasuk jarang di produksi. Akan tetapi Jeff Nichols, seorang filmmaker asal Arkansas, USA, ini memang sudah lama ingin membuat film tentang geng motor. Dan setelah beberapa tahun mengendap akhirnya sutradara ini berhasil mewujudkan keinginanya tersebut dengan memproduksi film berjudul “The Bikeriders”. Sebuah film fiksi tentang geng motor yang terinspirasi dari sebuah buku fotografi karya Danny Lyon. Buku ini diterbitkan pada tahun 1967 lalu dengan judul yang sama “The Bikeriders”. Dimana isi di buku foto ini menggambarkan sisi kehidupan Outlaws MC, sebuah geng motor yang didirikan di McCook, Illinois. Tak hanya bertindak sebagai sutradara, Jeff Nichols sekaligus menulis naskah untuk film ini.

            Berkisah, di era akhir tahun 1960-an terdapat geng motor paling disegani di Chicago bernama Vandals MC. Didirikan oleh Johnny (Tom Hardy) seorang sopir truk yang mencintai motor. Mengumpulkan beberapa pengendara motor dalam persatuan dan persaudaraan. Suatu hari tanpa disengaja Kathy (Jodie Comer) masuk ke club tempat berkumpulnya Vandals MC. Walau awalnya merasa tak nyaman, Kathy akhirnya jatuh cinta dengan Benny (Austin Butler), salah satu pentolan Vandals MC yang disegani dan dikenal dengan tindakannya yang tanpa kenal rasa takut.

            Setelah menikah dengan Benny, mau tak mau Kathy harus masuk ke kehidupan geng motor ini. Vandals MC cukup populer dan semakin disegani oleh banyak kalangan, karena aksi-aksi mereka yang berani. Terutama bagi orang yang membuat masalah dengan geng ini. Sehingga banyak yang ingin bergabung menjadi member Vandals MC. Akan tetapi, semakin bertambah banyaknya member di geng ini justru membuat masalah baru. Hingga Vandals MC berubah haluan. Apalagi banyak kalangan kriminal yang juga bergabung. Johnny bahkan harus berpikir keras untuk mengendalikan geng motor pimpinannya yang terasa semakin berbahaya dan tak terkontrol. Apalagi banyak member baru yang berusaha melawannya, dan beberapa diantaranya menjerumuskan Vandals MC menjadi geng motor kriminal.

            Walaupun berkisah tentang kerasnya kehidupan geng motor, film ini justru kuat di sisi drama. Alur cerita yang mengalir dengan nyaman, dengan ending yang justru tidak gampang ditebak. Lebih menarik karena menampilkan serunya aksi baku hantam, dan tentunya konvoi para bikers mengendarai motor dan memakai baju keren dengan setting klasik era tahun 60-an.

Karena film ini memang terisnpirasi dari buku fotografi karya Danny Lyon, sosok Danny Lyon sengaja dihadirkan di kisah film ini (diperankan oleh Mike Faist). Disini Danny Lyon dihadirkan sebagai member yang melakukan wawancara dengan beberapa pentolan Vandals MC dan sekaligus memotretnya, dimana dokumentasinya tersebut akan dijadikan sebuah buku. Bahkan beberapa adegan di film ini memang dibuat semirip mungkin dengan foto-foto karya Danny Lyon tersebut. Ini kelebihan lain sang sutradara yang layak diapresiasi dengan baik. Mampu membuat sebuah foto menjadi kisah yang menarik.

            Menjadi lebih istimewa lagi, akting Jodie Comer, Austin Butler, dan tentunya Tom Hardy bisa membuat film ini semakin hidup dan menghadirkan nuansa yang cukup dramatis. Dengan ending diluar perkiraan, justru menjadi anti klimak yang menambah menariknya film “The Bikeriders” ini. Sukses memadukan aksi drama percintaan, persaudaraan dan pertemanan, hingga brutalnya perkelahian dengan ending yang manis. (sTr)

 


“The Bikeriders”

Jenis Film        : Action, Drama

Produser          : Sarah Green, Brian Kavanaugh-Jones, Amon Milchan

Sutradara         : Jeff Nichols

Penulis            : Jeff Nichols

Produksi          : Regency Enterprise, New Regency, Tri-State Pictures

Dustribusi        : Focus Features (USA), Universal Poctures (internasional)

Casts                : Jodie Comer, Austin Butler, Tom Hardy, Michael Shannon, Boyd Holbrook, Damon Herriman, Mike Faist

STLS               : Dewasa 17 Tahun Keatas

Durasi              : 116 Menit

 

Diberdayakan oleh Blogger.