Coldplay Gunakan 100% Limbah Plastik Untuk Album Terbarunya, Diawali Dengan Rilis ‘Feels Like Im Falling in Love’

Coldplay (istimewa)

 Jakarta, DJC – Band fenomenal asal London, Coldplay mengumumkan akan merilis album terbarunya pada 4 Oktober mendatang. Band berawak Chris Martin (vocal), Jonny Buckland (gitar), Guy Berryman (bass) dan Will Champion (drum), ini berusaha semakin menunjukan kepedulian pada lingkungan hidup. Sebuah gerakan moral yang selalu mereka dengungkan selama ini. Bagaimana tidak, format fisik untuk album terbarunya bertajuk “Moon Music” yang diproduksi oleh Maks Martin ini menggunakan bahan daur ulang, yaitu dari 100% limbah plastik. Dan untuk menyambut datangnya album yang ke-10 tersebut, lebih dulu band ini merilis single pertamanya ‘Feels Like Im Falling in Love’ yang resmi dilepas pada 21 juni kemarin. Coldplay membawakan lagu ini untuk pertama kalinya saat menggelar pertunjukan di Puskás Aréna, Budapest (19/06/24).

Pre-prder album “Moon Music” edisi terbatas yang di tandatangani secara langsung oleh personil band ini bisa didapatkan di store resmi Coldplay, store.coldplay.com. Album “Moon Music” ini akan menjadi album pertama di dunia yang dirilis dengan berat 140g EcoRecord LP, dengan setiap salinan dibuat dari 9 botol plastik PET daur ulang yang diambil dari limbah pasca-konsumen. Hal ini akan mencegah produksi lebih dari 25 metrik ton plastik murni dan memberikan pengurangan emisi CO2/kg produksi sebesar 85% dibandingkan dengan vinyl 140g tradisional. Album edisi terbatas ini, juga memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari edisi lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, dengan langkah-langkah sustainability, Coldplay melakukan inovasi saat menggelar tur terbarunya. Dimana sejauh ini, tur terakhir mereka menghasilkan emisi CO2e 59% lebih sedikit dibandingkan tur stadion mereka sebelumnya. Suatu aksi moral yang memang berpihak pada kelestarian lingkungan hidup.

Selain itu, Coldplay telah berkolaborasi dengan mitra lama mereka, The Ocean Cleanup untuk membuat format tambahan: The Notebook Edition EcoRecord LP. dimana rPET yang digunakan untuk edisi ini terdiri dari 70% plastik sungai, yang didapat oleh The Ocean Cleanup dari sungai Rio Las Vacas, Guatemala untuk dicegah mencapai Teluk Honduras dan Samudra Atlantik. Istimewanya lagi, edisi CD dari “Moon Music” akan menjadi yang pertama kali di dunia yang dirilis EcoCD, dibuat dari 90% polikarbonat daur ulang, bersumber dari aliran limbah pasca konsumen. Hal ini akan menghasilkan pengurangan emisi CO2/kg setidaknya sebesar 78% dan menghindari produksi lebih dari lima metrik ton plastik murni. (sTr)

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.