“Mothers' Instinct” Drama Mencekam Seorang Ibu


Jakarta, DJC – Banyak film yang lahir dari sebuah novel laris, bahkan tidak sedikit pula sebuah film bagus yang merupakan remake dari film lama. Hal inilah yang terjadi di film Mothers' Instinct besutan sutradara Benoit Delhomme. Kisah di film ini di ambil dari sebuah novel ‘Mothers' Instinct (Derrière la haine) karya Barbara Abel. Dan juga merupakn remake dari film berbahasa Perancis karya Olivier Masset-Depasse dengan judul yang sama (2018). Selain memiliki cerita yang kuat dan menarik, film ini juga dibintangi oleh 2 pemeran papan atas Anne Hathaway dan Jessica Chastain. Apalagi sang sutradara mampu memberikan nuansa yang apik.

            Berkisah Alice (Jessica Chastain) dan Celine (Anne Hathaway) adalah contoh keluarga bahagia. Mereka memiliki suami yang sukses, anak yang baik bahkan mereka tinggal bersebelahan rumah. Keluarga ini menjadi sahabat dekat. Sampai akhirnya sebuah peristwa tragis menimpa anak Celine yang menyebabkan putranya, Max, meninggal dunia.

            Kenyataan ini sulit diterima oleh keluarga Celine dan suaminya, dan membuat mereka sangat frustasi. Karena merasa dekat, Alice dan suaminya berusaha bersimpati dengan sahabat mereka tersebut. Bahkan anak Alice, Teo (Eamon Patrick O’Connell), yang merupakan sahabat almarhum Max menjadi dekat dengan Celine. Pada perkembangan lebih lanjut, justru simpati keluarga Alice (terutama kedekatannya Teo dengan Celine) memunculkan rasa bersalah, kecurigaan, dan paranoia bersatu menguji persahabatan mereka.

            Membayangkan membaca kisah asli versi Novel di filmMothers' Instinct ini, tentunya akan bisa menjungkirbalikkan emosional pembacanya. Bisa jadi, hal ini berbanding terbalik dengan sutradara Benoit Delhomme, saat membesut film ini. Sang sutradara pada awalnya menggiring penonton dengan drama keluarga, menuju kisah misteri di pertengahan dan menjadi cerita mencekam dan menggemaskan menuju ending. Ini menjadi kelebihan sang sutradara, yang juga sukses menjungkirbalikkan emosional penonton dengan versi lain.

            Ceritanya yang mengalir dengan cepat, tapi tanpa bisa ditebak dengan mudah, hingga ending yang jauh dari ekspetasi, menjadikan film ini patut di apresiasi dengan baik. Pada awalanya banyak yang mengira, bahwa film ini bergenre drama saja, (bahkan saat melihat trailler-nya), tapi justru berakhir menjadi film bergenre Psychological Thriller. Sungguh menarik, tidak mngherankan jika Benoit Delhomme tertarik untuk me-remake sebuah film lama yang diambil dari sebuah novel istimewa.

            Untuk urusan acting, hmm..tentunya Anne Hathaway dan khususnya Jessica Chastain ini memang bisa diandalkan. Berhasil menghadirkan emosional perasaan seorang ibu yang ingin melindungi atau memiliki seorang anak. Keduanya berhasil menampilkan perang batin yang sangat emosional, dengan topeng persahabatan dengan baik. Film ini tidak melibatkan banyak pemeran, hanya berfokus di peran dua nama di atas, tapi sudah cukup membuat emosional penoton yang kalang kabut. Bahkan sang sutradara berhasil membuat latar belakang era 60 – 70an dengan outfit pemeran yang istimewa. (sTr)

 


Mothers' Instinct

Genre Film                  : Drama, Psychological Thriller

Produser                      : Jacques-Henri Bronckart, Jessica Chastain, Anne Hathaway

Sutradara                     : Benoit Delhomme

Penulis                         : Barbara Abel, Sarah Conradt

Casts                           : Anne Hathaway, Jessica Chastain, Josh Charles, Anders Danielsen Lie, Caroline Lagerfelt, Keeley Miller, Alexander Blaise, Steve Routman, Lauren Yaffe, Baylen D. Bielitz

STLS                           : Dewasa 17 Tahun Ke Atas

Durasi                          : 94 Menit

PH                                           : Anton, Freckle Films, Versus Production

Distribusi                     : Neon

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.