“Kung Fu Panda 4” Kembalinya Para Musuh Lama


 

Jakarta, DJC – Membicarakan tentang aksi Panda gendut yang ahli Kungfu menang tidak ada habisnya. Kesuksessan film “Kung Fu Panda” memang berhasil memberi warna sendiri di pentas sinema dunia, khususnya jenis film Animasi. Sosok aktor Jack Black yang sukses mengisi suara panda gendut yang doyan makan, menjadi salah satu selling point di film ini. Apalagi dibukungkus dengan cerita heroik dengan sisipan tingkah-tingkah konyol yang mengundang tawa. Tidak mengherankan jika film yang laris dipasaran ini dibuat berlanjut.

            Film “Kung Fu Panda 4”  tetap menampilkan kisah heroik Po (Jack Black) dengan lawan-lawan tangguh dan sadis. Tentu saja dengan berbagai aksi konyol-nya. Kali ini berkisah, Po sudah dipilih menjadi pemimpin desa Lembah Damai, dan diwarisi tongkat sakti dari mendiang guru spiritualnya, Grand Master Oogway. Tongkat sakti ini memiliki banyak kemampuan, termasuk bisa membangkitkan arwah para roh.

            Po yang dijuluki Satria Naga, kali ini berusaha untuk mencari penerusnya. Hingga akhirnya datang Zhen (Awkwafina), yang merupakan rubah berbakat dengan kemampuan beladiri yang baik. Tapi Zhen sebenarnya seorang pencuri, yang akhirnya memperdayai Po dan berhasil mencuri tongkat saktinya. Ternyata Zhen menyerahkan tongkat ini kepada The Chameleon, bunglon jahat yang ingin mengusai dunia persilatan. Oleh si Bunglon, tongkat sakti ini digunakan untuk membangkitkan semua arwah orang sakti, termasuk musuh-musuh lama yang pernah dikalahkan Po. Salah satunya adalah Tai Lung (Ian McShane), pendekar jahat dan sakti yang membuat Po menjadi seorang Satria Naga.

            Semua arwah orang sakti ini ternyata dimanfaatkan oleh The Chameleon, untuk diambil / menguasai Chi (kesaktian) yang mereka miliki. Seluruh kesaktian ini dimasukan ke tubuh si Bunglon yang akan digunakan untuk menguasai dunia, terutama untuk mengalahkan Satria Naga. Melihat hal ini Zhen merasa menyesal, tapi sudah terlambat. Mau tidak mau Po harus menghadapi lawan tangguh yang memiliki seluruh ilmu kesaktian dari banyak pendekar. Zhen yang merasa tidak enak hati, berusaha membantu Po sebisanya, walaupun dilarang oleh Po karena Zhen telah mengecewakan kepercayaan Satria Naga ini.

            Tokoh utama di film ini tidak berubah, walaupun sutradara, produser hingga penulis di film Kung Fu Panda 4” mengalami pergeseran. Kali ini Mike Mitchell yang menjadi sutradara, dan Rebecca Huntley sebagai produser. Sedangkan penulis kisah dipercayakan pada Jonathan Aibel, Glenn Berger dan Darren Lemke. Hal ini bisa jadi sebagai penyegaran, tanpa menghilangkan identitas dari kisah Panda gendut doyan makan yang menjadi Satria Naga. Tampaknya hal ini cukup berhasil dengan munculnya beberapa tokoh baru di film ini.

            Dengan beberapa muka baru, alur kisah di film ini tetap menarik, lucu dan menggemaskan. Sekaligus aksi heroik dan pesan moral yang kuat. Bahkan di film kali ini, kisah perjalan Po yang sebenarnya tetap cerita ringan, bukanlah tipikal kisah yang mudah ditebak. Dengan berbagai cerita yang berkembang di masing-masing tokoh utama. Di film kali ini, tentunya hadir dengan kualitas animasi yang jauh lebih spesial lagi.

            Yang menarik, dengan sutradara, produser dan penulis yang benar-benar baru, justru di film ini malah seperti merangkum ke tiga film Kun Fu Panda sebelumnya. Semua tokoh seperti reunian di Kung Fu Panda 4. Misalnya, tampilnya arwah-arwah dari musuh besar Po yang pernah dikalahkan di kisah sebelumnya. Mulai dari Tai Lung “Kung Fu Panda 1”, Kesatria Merak, Lord Shen “Kung Fu Panda 2” dan juga Kai “Kun Fu Panda 3”, Bahkan muncul juga kawan seperjuangan di awal Po menjadi Satria Naga, yaitu 5 pendekar sakti, Master Trigres (macan), Master Mongkey (Monyet), Master Viper (Ular), Master Mantis (Belalang) dan Master Crane (Burung Bangau). Walaupun semuanya hadir sebagai cameo, kecuali sosok Tai Lung. Justru hal ini membuat alur ceritanya tambah seru. Akankah Kung Fu Panda 4jadi penanda berakhirnya kisah aksi sang Satria Naga? Apalagi di ending, Po sudah menemukan calon pengantinya. (sTr)

 


Kung Fu Panda 4 

Genre Film                  : Animasi, Komedi

Produser                      : Rebecca Huntley

Sutradara                     : Mike Mitchell

Penulis                         : Jonathan Aibel, Glenn Berger, Darren Lemke

Casts                           : Jack Black, Awkwafina, Bryan Cranston, James Hong, Ian McShane, Ke Huy Quan, Ronny Chieng, Lori Tan Chinn, Dustin Hoffman, Viola Davis

PH                               : DreamWork Animation

Distribusi                     : Universal Pictures

STTL                           : Untuk Semua Umur

Durasi                          : 94 Menit

Tanggal Tayang          : 6 Maret 2024

 

Diberdayakan oleh Blogger.