Drama Dan Konspirasi di “MEDIEVAL”


Jakarta, DJC- Menyelipkan kisah drama di film sejarah, merupakan hal yang sering dilakukan. Termasuk di film besutan Petr Jákl ini, yang berlatar belakang kisah seorang ikon sekaligus panglima perang dari Ceko pada abad ke-15, Jan Zizka. Ia adalah pemimpin perang yang mengalahkan tentara Ordo Teutonik dan Kekaisaran Romawi. Tentu saja jika sebuah produksi film hanya memaparkan sejarah, ceritanya tidak akan menarik. Hal inilah yang membuat sang sutradara memasukkan sedikit nuansa drama di film ini.

            Bercerita, Raja Bohemia dan Kaisar Romawi Wenceslas IV mengambil alih tahta dari ayahnya, Charles IV. Kerajaannya yang tidak begitu besar membuat kerajaan dalam bahaya. Di lain sisi, Henry III dari Rosenberg, bangsawan paling kuat di negeri itu, terus menjajah rakyat di wilayahnya, yang akhirnya menimbulkan perlawanan. Dan ternyata hal ini disadari Jan Žižka (Ben Foster) ksatria bayaran dari Hussite untuk ikut melawan, apalagi hampir semua keluarganya terbunuh akibat dari konflik ini.


Žižka beserta pasukan kecilnya, ingin membalaskan dendamnya. Akan tetapi mereka juga mendapat bayaran untuk menculik Catherine (Sophie Lowe) tunagan si bangsawan. Tapi justru penculikan inilah menimbilkan masalah baru. Dari sebuah konspirasi perebutan tahta kerajaan, hingga penindasan bagi masyarkat di dareah terebut. Pada aksi penculikan ini, tergambarkan kisah dari kemarahan Catherine hingga akhirnya jatuh cinta dengan Jan Žižka.

 Dibandingkan drama percintaan, yang banyak ditampilkan di film sejarah sejenis,  sang sutradara menampilkan sesi drama hanya sebagai sisipan, justru lebih banyak menonjolkan aksi heroik dan perkelahian disepanjang film ini berlangsung. Film ini memang lebih pas bergenre action. Kisahnya sepertinya tidak terlalu kuat ditampilkan, kecuali kisah heroik Jan Žižka. Apalagi didukung dengan sinematografi yang kuat, dalam pengambilan adegam untuk mendukung kisah heroik tersebut. Misalnya adegan perkelahian dibawah air. Film ini juga banyak mengambil pencahayaan sedikit kelam dibandingkan karakter cuaca yang terang benderang, Mungkin hal ini untuk menonjolkan nuansa vintage atau klasik, yang sesuai dengan kisah sejarah yang ditampilkan. Jika kamu penyuka film action, yang penuh adegan perkelahian yang heroik, film ini bisa dijadikan pilihan. (sTr)

 

MEDIEVAL

Genre Film                  : Action, Drama

Produser                      : Martin J. Barab, Kevin Bernhardt, Arianne Fraser, Delphine Perrier, Stuart Manashil

Sutradara                     : Petr Jákl

Penulis                         : Petr Jákl, Petr Jakl Sr., Petr Bok

Casts                           : Ben Foster, Sophie Lowe, Michael Caine, Til Schweiger, Rolland Møller, Matthew Goode, William Moseley

Sinematografi              : Jesper Tøffner                       :

Durasi                          : 125 Menit

Negara                         : Republik Ceko

PH                               : Highland Film Group & The Avenue

Diberdayakan oleh Blogger.